Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daging Sapi: Ciri - Ciri, Harga & Cara Mengolah Agar Empuk

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sangat bergizi karena kaya akan nutrisinya. Selain itu dibandingkan dengan daging lain, harga daging sapi cukup mahal. Karena memang kandungan dagingnya sangat bermanfaat.

Tapi sangat disayangkan, banyak oknum nakal di pasaran yang justru menjualkan daging yang sudah tidak layak konsumsi. Agar kamu tidak menemui hal tersebut, ada baiknya kamu ketahui ciri - ciri daging sapi. Sehingga bisa mendapatkan kualitas daging yang baik dan masih layak untuk dikonsumsi nantinya.

Daging Sapi

Untuk mengetahui ciri - cirinya, ikuti terus artikel ini sampai selesai. Tidak hanya itu, kita juga akan membahas harga daging sapi saat ini hingga cara mengolahnya agar empuk saat dimakan. Bagaimana ciri - ciri daging sapi yang baik? Berikut poin - poinnya.

Ciri - Ciri Daging Sapi Yang Layak Konsumsi

Inilah beberapa poin yang perlu diperhatikan ketika hendak beli daging sapi.

1.   Tekstur Dagingnya Kenyal & Kuat

Jika kamu hendak membeli, coba tekan di bagian dagingnya. Apakah bekas dari tekanan tangan kamu kembali seperti semula atau tidak. Jika iya maka daging tersebut masih segar. Jika tidak maka sebaiknya cari penjual yang lain saja.

2.   Tidak Mengeluarkan Air

Selain kembali seperti semula, saat ditekan pastikan daging tersebut tidak mengeluarkan banyak air. Apabila mengeluarkan air yang cukup banyak, maka kualitas dagingnya kurang baik. Karena daging tersebut sudah menyerap banyak air dan akan berpengaruh jika diolah nanti. Cenderung hambar dan kurang gurih.

3.   Berwarna Merah Segar & Berserat Halus

Ciri selanjutnya tentu daging yang baik yaitu berwarna merah segar dan mengkilat, tidak kusam. Selain itu perhatikan juga serat - seratnya, biasanya daging yang bagus. Seratnya halus dan ada sedikit lemak.

Harga Daging Sapi

Setelah mengetahui ciri - cirinya, selanjutnya ketahui juga harga daging sapi saat ini. Agar kamu tidak dibohongi penjual yang memberi harga terlalu tinggi. Di Ibukota sendiri, per bulan September ini harga daging sapi per kilo rata - rata yaitu Rp129.500. Sehingga, jika kamu hendak beli daging sapi baik di pasaran maupun di supermarket. Beri patokan harga seperti di atas, jadi tidak terlalu mahal ataupun murah.

Kalaupun ada yang menawarkan dengan harga murah, waspada saja karena penjual tersebut bisa menjualnya dengan harga yang sangat murah. Padahal daging sapi termasuknya cukup mahal.

Cara Mengolah Daging Sapi Agar Empuk

Pasti kamu pernah menemukan daging yang masih alot kan? Itu karena langsung dimasak begitu saja. Padahal ada cara yang bisa kamu lakukan terlebih dulu agar hasil akhirnya empuk. Berikut caranya:

  • Bungkus Dengan Daun Pepaya

Daun pepaya memiliki kandungan enzim yang dapat memecah protein sehingga daging bisa lebih empuk. Caranya mudah saja, kamu hanya perlu petik daun pepaya, cuci sampai bersih dan letakkan semua dagingnya di atas daun tersebut.

Jika sudah jangan lupa bungkus sampai semuanya tertutup rapat. Diamkan sekitar satu jam setelah itu baru bisa kamu olah. 

  • Balurkan Parutan Nanas 

Selain daun pepaya, nanas juga dapat membuat daging lebih empuk. Caranya kupas nanas dan parut dengan halus. Setelah itu balurkan secara merata pada seluruh daging.  Diamkan daging tersebut beberapa saat, tapi jangan terlalu lama karena bisa membuat daging justru hancur.

  • Taburi Baking Soda

Terakhir yaitu menggunakan baking soda. Baking soda jika didiamkan pada daging sapi dapat memecah kolagen sehingga daging bisa menjadi lebih lunak. Cukup diamkan selama satu jam, lalu cuci selama 15 menit baru bisa kamu masak.

Jika sudah mengerti ciri - ciri daging dan bagaimana cara mengolahnya. Sekarang kamu tinggal membelinya saja agar bisa langsung memasak.  Apabila kamu tidak sempat ke pasar untuk mencari daging, kamu bisa beli saja secara online di Blibli.com. Saat hendak membeli lewat online pastikan lihat rating tokonya, minimal sudah bintang 4. Selain itu dengan membeli di online kamu bisa lebih mudah dalam melakukan survei harga daging sapi. Karena kamu bisa dengan mudah memfilter berdasarkan harganya. 

 

Posting Komentar untuk "Daging Sapi: Ciri - Ciri, Harga & Cara Mengolah Agar Empuk"