Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 6 Kesalahan Harus Dihindari Saat Belajar Saham untuk Pemula

Meraup keuntungan besar dalam waktu singkat. Inilah salah satu motif utama orang-orang melakukan investasi. Namun alih-alih mendapatkan keuntungan, tidak sedikit juga yang mengalami kerugian karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman mengenai ilmu-ilmu Belajar Saham untuk Pemula.

Hal-hal yang Harus Dihindari Investor saat Belajar Saham untuk Pemula

Apakah tertarik terjun ke dunia penanaman modal?. Jika iya, sebelum memulai investasi penting bagi Anda supaya mengetahui hal-hal yang harus dihindari terutama ketika mulai belajar saham. Kesalahan tersebut diantaranya seperti berikut ini:

1.  Investasi Tanpa Diversifikasi

Ketika memulai untuk terjun ke dalam dunia investasi terdapat dua kemungkinan akan didapatkan, yakni keuntungan atau kerugian. Setiap keputusan dan kegiatan yang dilakukan pasti memiliki resiko, baik itu besar maupun kecil.

Belajar Saham untuk Pemula

Dalam hal ini sebagai investor pemula sebelum memutuskan menanamkan modal penting untuk melakukan diversifikasi. Tujuannya adalah mengurangi kemungkinan resiko mengalami kerugian. Caranya beli saham dari berbagai jenis. Hindari membeli dengan jumlah besar dalam 1 instrumen.

2.  Berinvestasi Tanpa Tujuan dan Perencanaan Jelas

Kesalahan lain yang sering dilakukan oleh para investor pemula ketika mulai belajar saham yakni berinvestasi tanpa menentukan tujuan di awal. Padahal dalam hal ini, dibutuhkan perencanaan secara jelas.

Pasalnya, perencanaan dan tujuan tersebut sangat penting yang menjadi penunjuk arah bagi investor pemula untuk memilih jenis produk investasi serta memutuskan jangka waktunya sesuai dengan kebutuhan.

3.  Membanding-bandingkan Portofolio Saham Pribadi dengan Orang Lain

Kesalahan terakhir yang sering kali dilakukan oleh investor pemula yakni seringkali membanding-bandingkan portofolio saham pribadi dengan milik orang lain. Hal seperti ini tidak baik dan kurang etis dilakukan.

Salah satu hal yang harus dipahami ketika belajar saham untuk pemula, bahwa setiap portofolio antara investor jelas berbeda. Pasalnya, terdapat beberapa faktor pembedanya seperti perbedaan waktu, besaran modal, tujuan investasi, resiko dan masih banyak lainnya.

4.  Hanya Mengikuti Trend Tanpa Mempunyai Dasar Ilmu Pengetahuan

Sejauh ini investasi memang tengah menjadi trend di masyarakat. Banyak orang berbondong-bondong menanamkan modalnya karena tergiur dengan penawaran keuntungan yang bisa didapatkan. Alih-alih memperoleh laba, faktanya tidak sedikit orang justru mengalami kerugian.

Kenapa hal ini bisa terjadi?. Usut punya usut, ternyata kebanyakan para investor pemula terobsesi melakukan investasi tanpa didukung pengetahuan yang mumpuni. Padahal ilmu tersebut sangat membantu dan dibutuhkan agar bijak saat membuat keputusan sehingga meminimalisir resiko.

5.  Sering Menunda-nunda untuk Mulai Berinvestasi

Tidak cukup hanya memiliki pengetahuan mumpuni dan perencanaan matang. Semua itu akan percuma, apabila hal tersebut hanya di angan-angan saja tanpa segera dilaksanakan. Kondisi inilah yang kerap kali dilakukan oleh para investor pemula.

Sering menunda-nunda untuk mulai berinvestasi merupakan satu dari sekian kesalahan yang sering dilakukan investor pemula. Meskipun semua itu didasari karena berbagai alasan, seperti rasa takut mencoba, merasa belum mempunyai uang cukup dan masih banyak lainnya.

6.  Mempunyai Ekspektasi Terlalu Tinggi dan Tidak Realistis

Terlalu percaya diri bisa sukses dengan mudah dan hanya dalam waktu singkat. Pemikiran seperti inilah yang harus dihindari. Memang tidak menutup kemungkinan bahwa hal tersebut dapat menjadi kenyataan namun faktanya peluang itu terlalu kecil.

Terlebih jika dalam memulai investasi, modal awalnya kecil dan pengetahuan yang dimiliki kurang mumpuni. Mempertimbangkan hal tersebut, kesan untuk sukses dalam waktu singkat sangat tidak realistis.

Itulah beberapa kesalahan yang kerap kali dilakukan para investor. Semoga ulasan singkat belajar saham untuk pemula ini bisa menambah wawasan masyarakat tentang pentingnya belajar saham untuk pemula agar terhindar dari hal-hal merugikan.

Posting Komentar untuk "Inilah 6 Kesalahan Harus Dihindari Saat Belajar Saham untuk Pemula"