Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Alami Untuk Menghilangkan Plak dan Karang Gigi

Berasa telah menjaga dan jaga kebersihan gigi, tetapi tetap ada karang gigi yang tampil? Dikutip Situs MD, perawatan kebersihan mulut dan gigi yang salah sering membuat bakteri masih dapat bertahan hidup didalamnya.

7 Cara Alami Untuk Menghilangkan Plak dan Karang Gigi

Bersatu dengan sisa-sisa minuman dan makanan yang tidak bersih prima, plak gigi akan gampang tercipta. Plak ini melekat pada susunan gigi dan bawa bakteri yang bisa menghancurkannya. Mengakibatkan gigi juga gampang berlubang.

Penting selalu untuk jaga kebersihan gigi dan hilangkan plak dengan teratur, khususnya agar terhindar dari kerusakan gigi. Jika plak didiamkan terus-terusan, dia akan mengeras dan jadi karang gigi.

Karang gigi biasanya lebih kasar dan bisa mengakibatkan permasalahan dan penyakit gusi. Kalau sudah menimbun banyak, karang gigi harus dibikin bersih oleh dokter gigi. Nah, agar karang gigi tidak terus-terusan tercipta dan sampai menimbun, ada cara-cara bersihkan karang gigi yang dapat Mama kerjakan untuk menghilangkan.

Berikut langkah hilangkan karang gigi dengan alamiah dan info selengkapnya seperti diringkas:

1. Sikat gigi dengan teratur 2 kali satu hari

Teratur menggosok gigi jadi salah satunya langkah paling simpel untuk menhilangkan plak dan menahan karang gigi tercipta. Janganlah lupa menggosok gigi 2x satu hari, setiap minimum 2 menit. Jauhi tergesa-gesa saat menggosok gigi sebab bisa menjadi pembersihannya jadi tidak optimal.

Tentukan sikat gigi yang bulunya halus dan lumayan kecil untuk bersihkan antara gigi pada bagian samping atau belakang. Jika gusi Mama terhitung peka, jauhi memakai sikat gigi yang bulunya begitu kasar, ya.

Agar hasilnya lebih optimal untuk kurangi karang gigi dan plak, Mama seharusnya memakai sikat gigi elektrik. Beberapa study sudah mendapati jika sikat gigi elektrik bisa hilangkan plak lebih bagus dibanding sikat gigi biasa. Bila perlu, diskusi lebih dulu sama dokter gigi ketika menentukan sikat gigi elektrik, ya.

2. Tentukan pasta gigi dengan fluoride

Janganlah lupa untuk pilih pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride. Fluoride bisa perkuat susunan enamel gigi dan kurangi resiko pembusukan dari minuman dan makanan asam.

Bahkan juga terkadang fluoride berguna juga untuk menolong proses pembaruan alami gigi yang hancur. Kecuali fluoride, triclosan dijumpai bisa menolong menantang bakteri pemicu timbulnya plak pada gigi. Jauhi mengonsumsi makanan manis sering untuk menolong mempertahankan kesehatan gigi, ya.

3. Flossing

Flossing alias benang gigi adalah langkah efisien untuk hilangkan plak, khususnya di antara atau tempat di antara gigi yang susah dicapai oleh sikat gigi. Pilih benang gigi yang memiliki bahan sesuai keadaan gusi dan gigi Mama. Kerjakan diskusi sama dokter gigi lebih dulu agar lebih aman.

Mama bisa juga memberi dampak optimal untuk hilangkan plak dan karang gigi dengan teratur berkumur memakai mouthwash. Nyaris serupa dengan flossing, berkumur berguna juga untuk bersihkan dan membunuh bakteri pada tempat gigi yang susah dicapai sikat gigi biasa.

Yang paling penting, pilih mouthwash yang nyaman Mama pakai. Jauhi yang begitu keras karena malah bisa menghancurkan gigi.

4. Jauhi minuman dan makanan manis

Pilih tipe minuman dan makanan yang pas ikut menolong jaga gigi dari plak dan karang gigi yang mengusik. Sedapat mungkin, jauhi minuman dan makanan manis. Kenyataannya, bakteri di mulut tumbuh subur pada makanan manis, Ma. Saat bakteri terkena pada minuman atau makanan manis, bakteri itu akan melepas zat asam yang menghancurkan susunan gigi.

Jadi sedapat mungkin berpindahlah pada makanan sehat dan alami. Awasi jumlah makanan manis yang dimakan. Bila sedang ingin konsumsi makanan manis, janganlah lupa untuk banyak minum air putih, berkumur dan menggosok gigi selanjutnya.

5. Menggosok gigi dengan kulit jeruk

Tahukah Mama jika menggosok kulit jeruk ke gigi bisa menolong menantang mikroorganisme pembentuk karang gigi pada susunan enamel? Kecuali menggosoknya dengan kulit jeruk, Mama bisa juga tumbuk kulit jeruk dan memoleskannya di bagian gigi yang bernoda. Biarkan sesaat dan basuh sampai bersih. Kecuali menolong menantang bakteri, ini menolong memutihkan gigi secara alami.

6. Scrubbing dengan baking soda

Diambil dari Medical News Today, menyikat gigi dengan baking soda atau soda kue jadi langkah alami yang efisien untuk hilangkan plak. Baking soda dijumpai bisa hilangkan plak tanpa menghancurkan enamel.

Study memperlihatkan jika pasta gigi yang memiliki kandungan baking soda lebih efisien dalam kurangi jumlah plak di mulut dibanding pasta gigi biasa. Baking soda membuat perlindungan gigi dari demineralisasi, yang disebut proses kimia hilangkan kalsium dari susunan gigi. Disamping itu, baking soda mempunyai karakter antimikroba yang bisa menahan kerusakan gigi.

7. Memoleskan minyak kelapa

Diambil dari Healthline, tehnik yang dikatakan sebagai oil pulling ini dilaksanakan untuk hilangkan bakteri dari mulut dan mempertahankan kesehatan mulut. Tipe minyak yang dipakai yaitu minyak kelapa. Minyak kelapa benar-benar bagus karena karakter anti-inflamasi dan anti-oksidan yang dipunyainya. Minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat dan asam lemak dengan karakter antimikroba.

Sebuah study tahun 2015 yang mengikutsertakan 60 remaja dengan gingivitis mendapati jika tehnik oil pulling dengan minyak kelapa memberi hasil yaitu pengurangan plak gigi sampai 50 %. Simpatisan riset alami pengurangan berarti dalam tanda-tanda gingivitis. Beberapa periset yakin ini karena ada pengurangan plak gigi.

Untuk lakukan tehnik oil pulling, masukan 1 sdm minyak kelapa hangat ke mulut. Kumur perlahan-lahan sepanjang seputar 5-10 menit, lalu mengeluarkan minyak kelapa ke tempat sampah atau handuk kertas. Berhati-hati tidak untuk buang minyak kelapa ke wastafel karena bisa menutup pipa.

Kecuali minyak kelapa, Mama bisa juga memakai tipe minyak yang lain seperti minyak zaitun dan minyak almond. Agar lebih efisien, janganlah lupa teratur check ke dokter gigi minimal enam bulan sekali ya, Ma. Dokter akan mengecek keadaan gigi dan mulut keseluruhannya, dan langkah bersihkan karang gigi dengan alat bila memang dibutuhkan.

Berikut barusan langkah hilangkan karang gigi dengan alamiah dan info selengkapnya, langsung praktekkan saja Ma!

Posting Komentar untuk "7 Cara Alami Untuk Menghilangkan Plak dan Karang Gigi"