Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Penyebab Ketiak Terasa Gatal dan Perih

Ketiakmu pernah berasa gatal dan perih? Tentunya ketiak merasa gatal dapat benar-benar mengusik dan akan malu bila menggaruknya di depan orang. Nah, pemicunya karena ketiak adalah tempat kulit yang termudah alami ruam dan mengalami iritasi. Biasanya ketiak gatal bisa surut sendirinya, lho. Tetapi walau ketiak jadi sisi yang tertutup, kamu perlu memperhatikan kebersihan dan wewangiannya.

5 Penyebab Ketiak Terasa Gatal dan Perih

Jika kebersihannya tidak terbangun secara benar, maka membuat hari-harimu tidak nyaman. Tapi bila ketiak gatal yang disebabkan pemicu tertentu seperti infeksi jamur atau bakteri, itu maknanya jangan diabaikan. Untuk tangani keadaan itu, dibutuhkan diagnosis yang pas lebih dulu mengenai pemicu yang mendasarinya. Berikut akan dibahas 5 pemicu ruam di ketiak yang membuat gatal dan perih. Langsung check saja yok:

1. Biang keringat (miliaria)

Yang perlu kamu kenali, jika kulit ketiak itu paling rawan lembap. Pemicunya karena ada lipatan-lipatan yang dapat memerangkap keringat. Nah, ada keringat, kotoran, dan gesekan dari baju yang ketat bisa memacu timbulnya biang keringat pada ketiakmu.

Jadi miliaria muncul karena aliran keringat kulit ketiak mampet, hingga keringat tidak keluar secara baik. Permasalahan kulit ini diikuti dengan munculnya bercak-bercak merah lembut yang ada di seputar kulit. Itu yang mengakibatkan ketiakmu berasa gatal dan perih.

Karena itu jalan keluar untuk menyingkirkan biang keringatnya ialah kenakan pakaian kendur dan memiliki bahan sejuk. Disamping itu sering-seringlah mandi sama air dingin. Sementara bila memakai air hangat akan tingkatkan performa kelenjar keringat dan menjadi pemicu biang keringat di bagian ketiak.

2. Infeksi jamur

Pemicu mengapa ketiakmu gatal ialah ada candida, yakni infeksi jamur yang munculnya ruam pada ketiak. Tahukah kamu? Candida tersering terjadi pada tempat kulit yang lembap seperti ketiak. Infeksi jamur candida itu yang mengakibatkan ketiakmu gatal, perih dan berasa lebam kemerahan. Factor dari infeksi jamur pada ketiak karena cuaca panas, menggunakan baju yang begitu ketat dan kurang jaga kebersihan diri.

Oleh karena itu seharusnya kamu lebih memperhatikan kebersihan tubuh, khususnya di bagian ketiak. Di lain sisi kamu dapat konsultasi pada dokter kulit yang memiliki hak memberi kamu salep obat atau perawatan yang lain.

3. Lecet

Pemicu ruam di ketiakmu mungkin saja disebabkan karena cedera lecet karena gesekan kulit dengan bahan baju yang kasar. Tetapi juga bisa disebabkan karena kekeliruan di saat cukur bulu ketiak. Ruam kemerahan karena lecet umumnya berasa perih sampai berdarah.

Seharusnya kamu tidak meremehkan permasalahan ini. Jalan keluar persisnya adalah bersihkan tempat yang lecet sama air dingin. Atau dapat mengompres kulit ketiak yang mengalami iritasi dengan coolerbag, lalu janganlah lupa untuk mengeringkannya. Karena kulit yang lembap dapat jadi parah keadaannya.

4. Dermatitis atopik

Ketiakmu gatal ketika rutinitas berjalan? Berhati-hati, bisa saja karena eksim atau dermatitis atopik. Eksim sendiri adalah keadaan infeksi di kulit yang diikuti adanya kulit kering dan warna kemerahan. Tetapi umumnya eksim atopik ini terjadi kumat-kumatan saja.

Tenang, seharusnya kamu menggunakan sabun mandi yang memiliki kandungan pelembap (emolien). Tetapi jika eksim atopik sangat mengusik dan membuat kamu tidak nyaman, maknanya kamu perlu lakukan perawatan selanjutnya ke dokter kulit.

5. Dermatitis serboroik

Factor lain mengapa ketiakmu senang gatal, yakni karena dermatitis seboroik. Di mana keadaannya ada iritasi kulit yang disebabkan karena kelebihan produksi minyak di ketiak. Pemicu dermatitis seboroik tersebut ialah infeksi jamur. Kelebihan minyak berikut yang membuat serpihan kulit ketiak jadi warna putih atau kuning di sekitar bintik ruam.

Biasanya dermatitis seboroik mempunyai tanda-tanda seperti kulit berasa gatal atau seperti terbakar. Nah, untuk penyembuhannya kamu dapat pakai cream atau gel metronidazole yang berperan untuk menantang bakteri. Terus oleskanlah cream itu sekitar 1-2 kali satu hari atau sepertikan dengan perintah yang tercantum di paket.

Supaya ketiakmu terbebas dari iritasi dan memunculkan ruam, jauhilah kenakan pakaian yang memiliki bahan poliester. Seharusnya gunakan baju memiliki bahan halus seperti katun, ya.

Posting Komentar untuk "5 Penyebab Ketiak Terasa Gatal dan Perih "